Tips dan Trik Mengatasi Kemacetan di Jalan pada Bulan Puasa Ramadhon


Intensitas kendaraan yang semakin bertambah banyaknamun tidak diiringi dengan penambahan luas jalanyang ada maka akanberefek pada lalu lintas di kota-kota besar semakin padat dan sering kali membuat stres para pengemudi. Waktu yang ditempuh pun menjadi lebih lama dan menjenuhkan.
Tips dan Trik Mengatasi Kemacetan di Jalan pada Bulan Puasa Ramadhon

Seringkali kemacetan tidak hanya membuat seseorang terlambat sampai tujuan, namun kemacetan juga dapat dengan mudah mengubah mood orang tersebut. Dalam situasi seperti di atas, kami akan membagikan beberapa tips untuk para pengemudi ketika menghadapi kemacetan agar perjalanannya tetap terasa nyaman  yang dikutip dari Garda Oto. Simak tips berikut ini:
1.      Berangkat lebih awal
Cobalah berangkat lebih awal pada saat kondisi lalu lintas relatif sepi, supaya tidak terjebak dalam kemacetan. Dengan berangkat lebih awal makaakan membuat sobat tidak tergesa-gesa dan kemungkinan tiba di tempat yang dituju pun akan lebih cepat.
2.      Renacanakan rute yang akan dilalui
Sebelum beranjak ke tempat yang dituju, ada baiknya sobat sekalian untukmenyiapkan rute yang akan dilalui. Terutama untuk tempat yang belum pernah sobat kunjungi. Cari tahu juga rute alternatif ke tempat tersebut. Sehingga sobat tetap akan tiba di tempat yang dituju dengan menggunakan rute alternatif tersebut.
3.      Mendengarkan radio
Dengan mendengarkan radio yang memutar lagu-lagu favorit sobat maka akan mampu meredakan stress yang muncul ketika menghadapi kemacetan. Selain itu, radio juga dapat menjadi sumber berita atau informasi, terutama update informasi terkini mengenai kondisi lalu lintas.
4.      Hindari berperilaku agresif di jalan
Menjadi pengendara yang baik yaitu dengan tetap menaati peraturan lalu lintas yang ada. Disamping hal tersebut terapkan  pula cara mengemudi yang aman ketika kondisi jalanan macet sekalipun. Dan hindari ribut dengan sesama pengguna jalan serta tetap sabar ketika berkendara.

Untuk umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa dan kemudian ketika tiba waktunya berbuka puasa malah dihadapkan pada situasi macet. Maka mau tak mau sobat terpaksa berbuka puasa di dalam kendaraan. Dengan mengutip tips yang dilansir oleh Garda Oto, berikut tipsnya :
1.      Menyiapkan bekal makanan sebelum berbuka. Yaitu bisa dengan memilih bekal makanan yang praktis seperti biskuit, roti gandum, dan meskipun terpaksa membeli fast food atau makanan cepat saji. Hendaknya sobat memilih makanan yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Sebaiknya hindari pula makanan yang berminyak yang biasa disebut dengan gorengan serta makanan yang bersantan karena rentan membuat sobat batuk dan memperlambat pengosongan lambung.
2.      Memilih minuman yang rasanya manis. Sebab dengan meminum minuman yang manis bisa mengembalikan energi dalam waktu yang cepat. Tapi hindari minuman yang terlalu dingin sebab tidak aman untuk dikonsumsi pada saat kondisi lambung kosong.
3.      Memastikan situasi sekitar aman dan memungkinkan untuk berbuka puasa sejenak.
4.      Menepilah terlebih dahulu ke tempat yang aman yang memungkinkan untuk berbuka puasa.
5.      Mencari tempat berhenti yang tak akan berpotensi menimbulkan kemacetan. Jangan sampai sobat memarkirkan kendaraan dengan sembarangan karena dapat menyebabkan jalanan lebih macet.



Tips dan Trik Mengatasi Kemacetan di Jalan pada Bulan Puasa Ramadhon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fandi Adhitya