5 Macam Tanaman Hias Terfavorit untuk Taman Rumah

Agan Fandi - Rumah merupakan tempat dimana kita tinggal dan melepas penat ketika sudah lelah bekerja selama seharian penuh, sehingga agar suasana rumah terlihat lebih indah, tenang dan asri, maka kita perlu memberikan sedikit hiasan, baik di dalam ataupun di luar rumah.

Salah satu hiasan yang dapat kita gunakan adalah dengan menggunakan tanaman. Ada banyak sekali macam tanaman hias indah yang berada dipasaran, seperti 5 jenis tanaman hias indah dan tervaforit berikut ini yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan dekorasi rumah idaman.

5 Macam Tanaman Hias Terfavorit untuk Taman Rumah


5 Macam Tanaman Hias Terfavorit Untuk Taman Indah:

1. Anggrek
Bunga yang dijuluki sebagai “Puspa Pesona” ini terdapat banyak sekali di area sekitar Nusantara. Awalnya bunga aggrek ditemukan oleh ahli botani yang berasal dar Belanda, beliau bernama Dr CL Blume. Keindahan dari tanaman hias anggrek sering dikaitkan dengan simbol cinta dan kemewahan di Indonesia. Di tanah air sendiri terdapat sekitar 5.000-6.000 jenis tanaman anggrek, diantarnya terdapat jenis anggrek yang sudah langka, seperti anggrek hitam, anggrek kebutan dan anggrek koribas. Karena langka tanaman anggrek tersebut memiliki harga yang lumayan mahal.

2. Mawar
Di Indonesia tanaman hias bunga mawar diklaim sebagai sebuah simbol cinta dan kasih sayang. Walaupun terdapat sebuah duri tajam pada batangnya, akan tetapi aroma yang dimiliki mawar dapat menghilangkan stres, selain itu dengan meletakan tanaman mawar di depan rumah, konon katanya akan membuat sakit kepala menjadi hilang dan memperlancar jodoh untuk datang. Di Indonesia terdapat lebih dari 100 spesies bunga mawar yang bisa Anda jadikan tanaman hias di rumah.

3. Bonsai
Banyak orang yang menyebut tanaman bonsai sebagai sebuah tanaman yang berseni tinggi. Hal tersebut memang sangat benar, karena untuk membuat tanaman ini tampak lebih indah diperlukan sebuah tehnik yang sangat ahli dan berseni tinggi. Misalkan tehnik pemotongan, pengawatan dan masih banyak lagi. jika tehnik tersebut dilakukan dengan baik, maka hasilkan akan sangat indah sekali. Terdapat banyak tanaman bonsai di Indonesia. Seperti yang paling terkenal antara lain asam jawa (tamarindus indica), beringin, dan azalea.

4. Kamboja
Postur kamboja atau adenium yang sangat unik dan menarik, membuat tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias. Jenis tanaman hias kamboja inipun sangat banyak. Seperti yang paling terkenal adalah adenium windmill dan adenium waterfall. Tidak hanya sedap dipandang saja, akan tetapi kamboja atau adenium juga sangat berkhasiat untuk kesehatan. Menurut sebuah penelitian kandungan getah yang terdapat pada kamboja sangat efektif untuk menghambat disentri, radang saluran pernapasan, TBC, maupun hepatitis. Sedangkan di Bali, kamboja banyak digunakan untuk upacara keagamaan, ritual adat dan penenangan jiwa.

5. Suplir
Sekarang ini suplir menjadi sebuah tanaman hias yang bernilai artistik yang sangat tinggi, dahulu tanaman ini banyak terdapat di pinggir-pinggir rumah dan tidak terurus dengan baik, akan tetapi sekarang suplir sudah diletakan di dalam rumah dan dijadikan sebagai tanaman hias yang sangat menawan. Perawatan dari suplir juga sangat mudah, yang harus Anda perhatikan hanyalah jangan memaparkan tanaman satu ini di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lumayan lama, karena dapat membuat tanaman menjadi mati.


Itulah beberapa macam tanaman hias yang dapat membuat rumah Anda menjadi indah. Anda dapat mengombinasikan antar macam-macam tanaman hias tersebut menjadi satu.

5 Macam Tanaman Hias Terfavorit untuk Taman Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fandi Adhitya