Pantangan Pasien Setelah Operasi Ginjal

Agan Fandi – Operasi ginjal adalah sebuah tindakan medis dimana berfungsi untuk mengembalikan fungsi organ ginjal, setelah melakukan operasi ginjal, pastinya kita akan mendapatkan beberapa pantangan yang harus dipatuhi, terutama pantangan makanan, apa saja pantangan penderita setelah melakukan operasi ginjal? (Baca juga: Pantangan untuk pasien operasi empedu)

Berikut beberapa pantangan makanan untuk pasien atau penderita setelah operasi ginjal.

Pantangan Pasien Setelah Operasi Ginjal Agan Fandi


1. Batasi asupan protein
Protein yang sangat tinggi, tidaklan baik untuk ginjal, bahkan setelah penderita melakukan operasi ginjal, karena baik protein nabati ataupun hewani, akan membuat endapan batu ginjal di saluran ureter bahkan nefron ginjal itu sendiri.

2. Kurangi konsumsi vitamin C dan Oksalat
Mungkin vitamin C merupakan senyawa yang penting untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi pasien pas operasi ginjal, karena dapat menyebabkan ginjal mengalami peradangan, begitu juga asam oksalat.

3. Membatasi asupan kalsium
Kalsium memang sangat diperlukan oleh tubuh untuk memperkuat tulang, gigi dan masih banyak lagi, namun kalsium tersebut diserap seperlunya saja oleh tubuh, sehingga jika berlebih, maka sisanya akan dibuang melaui air seni, dari sinilah kalsium tersebut mengendap di ginjal Anda.


Demikian ulasan mengenai pantangan pasien setelah operasi ginjal. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Pantangan Pasien Setelah Operasi Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fandi Adhitya