Bagaimana Cara Operasi Batu Empedu (Kolesistektomi)?

Bagaimana Cara Operasi Batu Empedu (Kolesistektomi)? – Operasi batu empedu merupakan salah satu cara untuk mengatasi adanya endapan batu empedu yang terdapat pada kantung empedu, operasi batu empedu dilakukan dengan mengambil kantung empedu yang terdapat andapan batu empedu tersebut. Terkadang empedu mengalami peradangan karena tersumbat oleh batu empedu tersebut sehingga terasa sakit dan nyeri.

Bagaimana Cara Operasi Batu Empedu (Kolesistektomi)?


Penyakit batu empedu dapat disebabkan karena banyak hal, misalnya pola makan dan genetik. Menurut dokter, pola makan yang tidak terjaga seperti terlalu banyak makan santan dan gorengan akan mempermudah terjadinya endapan lumpur di empedu.

Operasi batu empedu yang biasa dilakukan oleh penderita atau pasien ada 2 jenis, untuk mengetahui jenis operasi batu empedu silahkan simak berikut.

Jenis Operasi Batu Empedu:

1. Operasi Batu Empedu Kolesistektomi
Laparotomi adalah jenis operasi batu empedu yang dilakukan dengan metode operasi terbuka.

2. Operasi Batu Empedu Laparoskopi
Berbeda dengan jenis operasi batu empedu laparotomi, untuk operasi batu empedu Laparoskopi dilakukan dengan cara atau metode semi tertutup.

Lalu bagaimanakah kondisi orang yang sudah mengalami operasi pengangkatan batu empedu? Apakah dia bisa hidup normal?. Jawabannya tentu saja iya!
Banyak orang yang ketakutan ketika empedunya sudah diangkat maka dianggap sudah tidak bisa hidup normal, seperti sering merasa mual, perut tidak enak, dll. Namun itu salah. Percayalah, dokter tidak mungkin melakukan suatu tindakan medis jika mamang itu membahayakan kesehatan pasiennya. Fungsi empedu yang sesungguhnya adalah sebagai tandon cairan empedu, bukan penghasil. Yang menghasilkan cairan empedu adalah hati. Jadi ketika hati anda lancar memproduksi cairan empedu, maka tidak akan ada masalah.


Berapa biaya operasi empedu?
Nah itulah sedikit informasi Agan Fandi tentang operasi batu empedu, kedua operasi tersebut memiliki biaya yang berbeda-beda dan berkisar mulai dari 10 juta hingga 20 juta, harga operasi batu empedu tersebut tergolong dari dokter ataupun rumah sakit yang akan melakukan operasi kepada penderita. 

Jika Anda mengalami penyakit batu empedu dan hendak melakukan operasi batu empedu baik jenis laparotomi ataupun laparoskopi, lebih baik Anda mencari rumah sakit yang bertaraf internasional, karena operasi ini bukan hal sepele atau main-main, sehingga harus memerlukan ahli bedah atau operasi yang profesional pula. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang operasibatu empedu. Salam J

Bagaimana Cara Operasi Batu Empedu (Kolesistektomi)? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fandi Adhitya